Kamis, 03 November 2011

Tugas Soft-skill (Periode 1) - part 1

Penduduk, masyarakat, dan kebudayaan

1. Penduduk
          Penduduk adalah kesatuan masyarakat yang tinggal di daerah yang sama atau suatu wilayah. Penduduk juga terikat oleh aturan-aturan yang berlaku di daerah atau wilayah nya bertempat. Sebagai contoh adalah penduduk yang ada di Indonesia, penduduk di Indonesia harus mematuhi segala aturan-aturan yang berlaku di Negara Indonesia.
         Penduduk juga akan selalu mengalami pertumbuhan dimanapun daerah atau wilayahnya. Pertumbuhan penduduk dalam suatu wilayah akan mempengaruhi semua aspek kehidupan. Pertumbuhan penduduk dipengaruhi karena adanya jumlah tertentu, yaitu jumlah kematian dan kelahiran yang ada pada wilayah tersebut.

2. Masyarakat
         Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang tinggal di wilayah tertentu yang selalu berhubungan satu sama lain dengan waktu yang cukup lama. Dalam masyarakat, orang-orang saling berinteraksi, bekerja sama, saling tolong menolong sehingga tercipta suatu hubungan baik antar individu atau keluarga.
      Dimasyarakat juga terdapat suatu kebiasaan yang merupakan suatu tindakan yang dilakukan secara berulang-ulang. Contoh kebiasaan baik dalam masyarakat adalah mengucapkan salam ketika bertemu, atau membungkukkan badan sebagai tanda hormat kepada yang lebih tua. Hal itu membuat masyarakat telah mencapai hal-hal yang dianggap baik dalam masyarakat itu sendiri.

3. Kebudayaan
         Kebudayaan adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia, turun menurun dari generasi ke generasi yang mempengaruhi tingkat pengetahuan dalam pikiran manusia. Kebudayaan itu berbentuk suatu budaya yang pasti ada dalam kehidupan bermasyarakat. Suatu budaya itu juga dialami bersama secara sosial oleh masyarakat. Kebudayaan juga dapat mempengaruhi kepribadian seseorang berdasarkan daerah tinggal, cara hidup, agama ataupun kelas sosial. Budaya juga dapat berubah, perubahan budaya bisa timbul karena adanya perubahan lingkungan yang didapat di masyarakat.

Kesimpulan
        Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat keterkaitan antara penduduk, masyarakat, dan kebudayaan. Penduduk adalah kesatuan masyarakat yang merupakan sekumpulan manusia yang saling berhubungan satu sama lain. Masyarakat tentu tak lepas dari konsep budaya, karena kebudayaan adalah segala sesuatu yang dipelajari dan dialami bersama secara sosial oleh masyarakat. Dalam proses pergaulannya, masyarakat akan menghasilkan budaya yang akan dipakai sebagai sarana untuk menjalankan kehidupan diwilayahnya.
                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar