Kamis, 08 Januari 2015

ANALISIS STUDI KASUS TELEMATIKA

Kasus :

Jakarta – Era ponsel dengan RAM 4 GB dipastikan bakal segara hadir, Samsung baru saja mengumumkan chip RAM terbaru untuk ponsel dan tablet dengan kapasitas 4 GB. Bahkan produsen Korea Selatan ini juga telah siap memproduksinya.

Menariknya lagi, standar RAM berkapasitas 4 GB yang diproduksi Samsung juga naik kelas jadi LPDDR4. Sebagai informasi, sebagian besar standar RAM yang digunakan ponsel-ponsel saat ini memang mengandalkan jenis LPDDR3, meski juga sudah cukup banyak yang pakai LPDDR4. Namun kapasitasnya hanya mentok di angka 2 GB dan 3 GB.

Seperti detikINET kutip dari Phone Arena, Rabu (24/12/2014), Samsung akan memproduksi standar RAM LPDDR4 dengan proses pabrikasi 20 nm. Dengan pabrikasi tersebut, Samsung pun mengklaim chip RAM besutannya itu bakal punya kemampuan transfer data sampai 3200 Mbps.

Penggunaan chip LPDDR4 juga memungkinan perangkat untuk melakukan perekaman video pada resolusi UHD (3840×2160 pixel) dan memutarnya. Ditambah lagi kamera pada perangkat juga bakal bisa melakukan jepretan secara continuous yang menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi diatas 20 MP.

Lebih lanjut, Juru bicara Samsung juga mengatakan chip LPDDR4 berkapasitas 4 GB yang dibuatnya lebih hemat daya hingga 40% dibanding chip RAM LPDDR3 yang saat ini banyak beredar.

“Dengan memulai produksi 20nm 8Gb LPDDR4, yang bahkan lebih cepat dari DRAM untuk PC dan server dan mengkonsumsi lebih sedikit energi, kami telah berkontribusi untuk memacu perkembangan standar UHD, pada perangkat (mobile) dengan layar besar (phablet-red),” ujar Joo Sun Choi, VP Memory sales & Marketing Samsung.

Samsung menjanjikan chip RAM 4 GB besutannya itu sudah akan dilempar ke pasaran mulai awal tahun 2015 mendatang.

Artinya mulai saat itu bakal hadir perangkat-perangkat dengan kapasitas RAM 4 GB yang dikombinasi prosesor 64 bit dan bersistem operasi Android Lollipop versi 64 bit, yang sangat mungkin diawali oleh ponsel dari Samsung. Namun sepertinya akan diposisikan di segmen kelas atas.


Analisa saya :

Smartphone dengan RAM 4GB tersebut pastinya akan sangat dinanti oleh para konsumen yang menganggap smartphone bukan hanya sekedar sebagai kebutuhan pekerjaan akan tetapi sebagai hobi. Dengan RAM 4GB smartphone dapat disamakan dengan sebuah laptop dengan ukuran yang lebih kecil akan tetapi lebih pintar. Semakin tinggi spesifikasi dari sebuah smartphone maka akan semakin banyak pula aplikasi-aplikasi smartphone terbaru yang akan muncul dan sangat membantu pekerjaan manusia. Dan dengan RAM 4GB tersebut maka ponsel akan semakin pintar dan cepat serta handal dalam melakukan segala proses-proses berat seperti bermain game, membuat file, banyaknya aplikasi yang berjalan bersamaan, seperti bermain game sambil mendengarkan musik secara bersamaan pada satu smartphone. Akan tetapi dalam sebuah peningkatan pasti juga akan menimbulkan efek samping yang akan terlihat setelah smartphone tersebut telah beredar. Maka itu kita harus pintar-pintar dalam memilih smartphone apakah yang bagus dan cocok dengan kebutuhan pekerjaan yang dimiliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar