Kamis, 08 Januari 2015

E-Goverment sebagai Bentuk Telematika

E-goverment merupakan salah satu dari bentuk-bentuk telematika yang dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia ini, sudah ada suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI). Dengan e-goverment, pemerintah dapat menjalankan fungsinya melalui sarana internet yang tujuannya adalah memberi pelayanan kepada publik secara transparan sekaligus lebih mudah, dan dapat diakses (dibaca) oleh komputer dari mana saja.

E-goverment juga dimaksudkan untuk peningkatan interaksi, tidak hanya antara pemerintah dan masyarakat, tetapi juga antar sesama unsur pemerintah dalam lingkup nasional, bahkan intrernasional. Isi informasi dalam e-goverment, antara lain adalah profil wilayah atau instansi, data statistik, surat keputusan, dan bentuk interaktif lainnya.

Analisis E-Goverment Kota Surabaya

Surabaya adalah ibu kota provinsi Jawa Timur. Alamat website kota Surabaya adalah http://surabaya.go.id/ver5/, merupakan website yang memiliki informasi yang cukup up-to-date dengan tampilan yang menarik. Berikut merupakan tampilan website Kota Surabaya.

Menurut panduan dari KOMINFO (2003), isi minimal pada setiap situs website pemerintah daerah:
1. Selayang pandang
Website ini memiliki penjelasan singkat mengenai sejarah, lambang dan arti lambang, lokasi dalam bentuk peta serta visi dan misi (2011-2015) mengenai kota Surabaya. Penjelasan tersebut dapat dilihat pada submenu dari menu Profile Kota yang terdapat pada bagian bawah website. Sedangkan bentuk peta dapat ditemukan pada kotak menu pilihan DISHUB KOTA SURABAYA, yaitu peta kepadatan kota Surabaya.
2. Pemerintahan Daerah
Struktur organisasi Pemerintah Daerah Kota Surabaya adalah eksekutif dan legislatif dan telah dijelaskan didalam website pada menu Instansi. Menu Instansi dilengkapi dengan submenu, antara lain Sekertariat Daerah, Dinas-Dinas, Lembaga Teknis, Satpol PP, Kecamatan, Kelurahan. Pada masing-masing submenu menginformasikan nama pejabat, alamat kantor, alamat rumah, no.tlp, fax, email, tugas pokok sekertariat daerah, dasar hukum organisasi sesuai dengan nama submenu. Pada menu Instansi juga terdapat profil pemerintahan kota Surabaya yang berisikan daftar nama dan alamat Walikota, Sekdakota dan Asisten Pemerintah Kota Surabaya. Akan tetapi pada website ini tidak dijelaskan biodata lengkap dari pimpinan daerah. Sedangkan untuk submenu lainnya seperti Kelurahan dan Kecamatan pada website telah dijelaskan secara lengkap mengenai profil, luas wilayah, kepadatan penduduk, jumlah sekolah perwilayah Keluarah dan Kecamatan.
3. Geografi
Pada website telah diinformasikan secara lengkap mengenai geografi kota Surabaya, antara lain letak, ketinggian, batas wilayah, luas wilayah, jumlah kecamatan, jumlah desa/kelurahan, kelembapan udara, tekanan udara, temperatur, musim kemarau, musim hujan, curah hujan, kecepatan angin, arah angin terbanyak, penguapan panci terbuka, struktur tanah, dan topografi. Akan tetapi semua data dalam bentuk statistik diatas tidak dicantumkan nama instansi dari sumber datanya.
4. Peta Wilayah dan Sumber Daya
Website Kota Surabaya ini telah memsosialisasikan kepada masyarakat luas mengenai letak, batas wilayah dalam bentuk titik koordinat menurut garis lintang dan bujur. Sumber daya yang dimiliki oleh Kota Surabaya disajikan dalam bentuk teks.
5. Peraturan/Kebijakan Daerah
Website Kota Surabaya telah mensosialisasikan kepada masyarakat luas mengenai penjelasan peraturan daerah (perda) yang telah dikeluarkan oleh pemerintah Kota Surabaya. Kota Surabaya memiliki banyak peraturan daerah yang berlaku untuk masing-masing dinas. Dinas-Dinas tersebut antara lain Bagian Humas, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Badan Arsip dan  Perpustakaan, Badan Kepegawaian dan Diklat, Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum, dll. Masing-masing Dinas memiliki landasan hukum tersendiri berdasarkan Peraturan/Kebijakan Daerah.
6. Buku Tamu
Website Kota Surabaya memiliki fitur buku tamu yang berfungsi sebagai tempat untuk menerima masukan dari pengguna situs website pemda Kota Surabaya. Buku tamu dapat ditemukan dimasing-masing dinas yang disediakan.

Penjelasan:
1. Informasi Menu Utama dalam Website
a. Potensi Daerah
Potensi daerah yang ada pada website Kota Surabaya cukup dengan memiliki 9 potensi daerah, yaitu ekonomi, pariwisata, industri, perdagangan, infrastruktur transportasi, pertanian, tenaga kerja, pemerintah dan pendidikan tinggi serta seni dan kebudayaan.
b. Komoditas Utama
Komoditas utama yang ada pada website Kota Surabaya cukup karena hanya memiliki 5 penjelasan mengenai informasi komoditas utamanya, yakni pertanian, pariwisata, industri, produksi makanan dan perdagangan. Sebagai contoh, komoditas utama parawisata terdapat 4 jenis yang dijelaskan secara terperinci, yaitu wisata kuliner, wisata sejarah, wisata monumen, dan wisata museum. Masing-masing wisata dijelaskan secara lengkap dalam bentuk teks mengenai nama wisata, alamat/lokasi wisata dalam bentuk peta.
c. Kualitas SDM
Kualitas SDM yang ada pada website Kota Suarabaya cukup dengan memiliki 5 kriteria, yakni jumlah penduduk berdasarkan usia dan jenis kelamin, laju pertumbuhan, tingkat kepadatan, tingkat pendidikan, dan kualitas pelayanan pendidikan. Selain itu juga terdapat angka kematian dan kelahiran perwilayah berdasarkan kecamatan. Data tersebut dijelaskan pada menu Dinas Kependudukan Kota Surabaya.

2. Informasi Tambahan dalam Fasilitas Website
a. Tahap I
Informasi pada tahapan I yang ada pada website Kota Surabaya baik karena memiliki 3 dari 5 informasi pendidikan, yakni
·      Terdapat Data Satuan Pendidikan, yaitu informasi mengenai lembaga kursus yang ada pada kota Surabaya. Data berisikan nama, alamat, kecamatan, pimpinan, jenis, tanggal ijin operasional, tahap, status terakreditasi dari masing-masing lembaga.
·      Berita pendidikan dan pengetahuan yang up-to-date, yakni melalui ajang Wizard at Mathematics Internasional Competition (Wizmic) yang digelar pada tanggal 18 -21 Oktober 2014 di RDSO, Campus, Lucknow, UP, India, dua pelajar surabaya berhasil meraih Gold Medal dan Silver Medal sekaligus.
·      Berita Pendidikan yang ter-update setiap harinya.
b. Tahap II
Informasi mengenai perniagaan yang ada pada website Kota Surabaya baik dikarenakan memiliki 6 dari 7 informasi perniagaan, yakni informasi bahan pokok, investasi perdagangan, informasi kurs dollar, informasi pariwisata, pajak bumi dan bangunan, dan informasi barang produksi.
c. Tahap III
Informasi tahapan III yang ada pada website Kota Surabaya sangat baik, yakni :
·      Memiliki informasi mengenai alamat rumah sakit, salah satu rs. yang di sarankan dalam website adalah RSUD  Dr. Soewandhi lengkap dengan alamat, tlp, fax, informasi jadwal dokter, layanan medis, dan layanan penunjang. Selain itu juga terdapat daftar puskesmas lengkap dengan alamatnya yang ada pada Kota Surabaya.
·   Memiliki informasi alamat pariwisata, yakni wisata kuliner, wisata sejarah, wisata monumen, wisata museum.
·     Memiliki informasi alamat Lembaga Kursus yang ada pada kotak menu Dinas Pendidikan Kota Surabaya dengan alamat yang lengkap.
·      Memiliki agenda kegiatan pada masing-masing dinas Kota Surabaya
·      Memiliki jadwal transportasi yang lengkap pada menu parawisata surabaya
· Memiliki informasi hotel, rumah makan, polsek, perijinan, pusat perbelanjaan, layanan masyarakat, pelayanan publik, dan lowongan kerja.

3. Penyediaan Hubungan
a. G2C (Government to Citizen)
G2C yang ada pada website  Kota Surabaya cukup,  karena pada website tersedia kotak menu dinas-dinas yang ada pada Kota Surabaya, dalam beberapa menu dinas tersebut didapati ruang konsultasi, buku tamu, suara warga, kontak kami, pelayanan pengaduan, bantuan online, pelayanan imigrasi. Beberapa menu dinas tersebut adalah Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, LPSE Pemerintah Kota Surabaya, dll.
b. G2B (Government to Business)
G2B yang ada pada website Kota Surabaya ini cukup karena memiliki 3 penyedia hubungan G2B yang mencakup :
·  Dijelaskan secara lengkap mengenai peluang investasi, potensi investasi, dan peta potensi investasi Surabaya pada menu Badan Koordinasi Pelayanan dan Penanaman Modal Kota Surabaya
·      Dijelaskan secara lengkap mengenai pariwisata di Kota Surabaya.
·      Dijelaskan pula Surat Perjanjian beserta peraturan hukum untuk kegiatan bisnis, pajak perseroan, dan pedaftaran perusahaan pada menu Badan Koordinasi Pelayanan dan Penanaman Modal Kota Surabaya dan menu Disperdagin Surabaya.
c. G2G (Government to Government)
G2G yang ada pada website Kota Surabaya sangat baik, karena memiliki hubungan kerjasama dengan 5 Lembaga Kementrian Indonesia, antara lain Kementrian Perdagangan, Kementrian Perindustrian, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, dan Laporan Online Arus Mudik Terminal Type A. Selain itu juga bekerjasama dengan kecamatan, kabupaten/kota, dan pemerintahan.

4. Aksesibilitas
Dalam mengakses setiap menu pada website Kabupaten Jember sangat lambat dengan aksesibilitas sebesar 1.19 menit. Aksesibilitas tersebut diperoleh berdasarkan situs penghitung kecepatan jaringan yang beralamat  http://gtmetrix.com/ dengan percobaan sebanyak 3x percobaan, yakni 1.18 menit, 1.16 menit, dan 1.25. Data ketiga percobaan tersebut dibagi 3 sehingga diperoleh aksesibilitas sebesar 1.19 menit.

5. Design
a. Animasi
·  Memiliki banyak gambar yang dapat bergerak, gambar-gambar tersebut adalah gambar yang berhubungan dengan kebudayaan Kota Surabaya.
·      Memiliki kualitas animasi yang sudah baik.
·  Memiliki beberapa video mengenai berita-berita yang terkait dengan ketenagakerjaan Kota Surabaya.
b. Grafis
Memiliki banyak gambar dengan kualitas gambar yang baik, jelas dan tidak buram. Gambar dan teks yang ada pada website juga diletakkan ditempat yang tepat. Tidak mengganggu berita penting lainnya. Sedangkan untuk pemilihan ukuran teks dan gambar juga sudah tepat tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
c. Teks Lengkap
Bahasa yang digunakan pada  website ini telah memenuhi standar EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Dalam website juga ditemukan profil Kota Surabaya yang dijelaskan dengan menggunakan bahasa asing. Dan juga ditemukan beberapa penggunaan  font style yang berbeda dalam website. Dapat disimpulkan bahwa nilai Teks Lengkap untuk website ini adalah baik. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar