Selasa, 06 Januari 2015

KOLABORASI ANTARMUKA OTOMOTIF MULTIMEDIA

Kolaborasi Antarmuka otomotif multimedia adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menetapkan standarisasi dunia yang digunakan untuk mengatur bagaimana perangkat elektronik dapat bekerja seperti komputer & alat komunikasi pada kendaraan, sehingga alat-alat elektronik tersebut dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan kendaraan. Karena belum tentu alat-alat elektronik tersebut sesuai(compatible) dengan setiap kendaraan, oleh karena itu diperlukan standar agar perangkat elektronik tersebut tidak mengganggu kerja sistem kendaraan.


Antarmuka Otomotif Multimedia Telematika yang dimaksud disini adalah Automotive Multimedia Interface Collaboration atau yang lebih dikenal dengan singkatan AMI-C, adalah suatu bentuk pengembangan dan stadarisasi yang umum multimedia dan telematika otomotif untuk kendaraan antarmuka jaringan komunikasi. Sudah terdapat beberapa anggota yang aktif dalam organisasi Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C), diantaranya adalah : BMW, DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW

Fungsional Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia

·  Untuk menyediakan interface yang berstandar, sehingga memungkinkan seorang pengendara kendaraan (mobil) dapat menggunakan perangkat lain melalui berbagai media, komputer, perangkat komunikasi dari sistem navigasi dan handsfreeyang biasa digunakan pada telepon selular.
·   Untuk meningkatkan berbagai macam pilihan yang dapat digunakan oleh user dan juga untuk mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
·  Untuk memotong biaya yang dikeluarkan untuk keseluruhan informasi kendaraan dan juga peralatan hidubran dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan  industri otomotif efektif. Karena banyak jumlah kendaraan yang sering mengandung berbagai adat mengembangkan komponen dan platfor yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
·     Untuk menawarkan standar terbuka dan spesifikasi bagi informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dengan dunia luar.

Implementasi Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia pada Nissan Motor Company

Nissan Motor Company telah berkerjasama dengan Intel (Produsen mikroprosessor terbesar didunia) yang akan menjadi memasok prosesor untuk peranti infotainment Nissan. Dengan Teknologi twin-display yang dikembangkan Intel dapat memperkaya fitur informasi di mobil, menurut Andy Palmer, Wakil Presiden Eksekutif, Nissan Motor Company dan Infiniti. Kedua perusahaan  telah melakukan kerjasama sensor dan kamera monitor belakang agar kerja pengemudi makin mudah saat parkir. Nantinya, juga akan digunakan  chip atau barcode dilayar ponsel yang berfungsi sebagai pengganti kunci mobil konvensional.

Sumber :
http://sinarmm.wordpress.com/2012/04/10/nissan-andalkan-intel-atom-untuk-sistem-infotainment/
http://wikerestu.blogspot.com/2013/01/bagaimana-fungsional-kolaborasi.html






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar