Selasa, 11 Juni 2013

ANALISIS SUATU PRODUK DAN KEPUASAAN KONSUMEN AKAN PRODUK

Vitamin adalah sekelompok senyawa organik yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Vitamin tersebut antara lain vitamin A, C, D, E, K, dan B. Vitamin memiliki peranan penting di dalam tubuh dan dapat pula memberikan manfaat kesehatan. Bila tubuh kekurangan vitamin, tubuh dapat mengalami suatu penyakit. Untuk itu setiap manusia membutuhkan vitamin-vitamin tersebut, terlebih lagi untuk pertumbuhan anak-anak. Biasanya vitamin sangat diperlukan dalam proses tumbuh kembang anak yang produktif. Maka dari itu disini saya akan menganalisis mengenai vitamin anak yang baik untuk tumbuh kembang anak. Multivitamin untuk anak sekarang lebih menarik daripada masa dulu. Berbagai bentuk untuk menarik anak-anak mengonsumsi vitamin. Seperti Fitkom Gummy, permen kenyal ber-vitamin dengan bentuk yang lucu. Mengandung prebiotik, dan memberi manfaat lengkap untuk daya tahan tubuh.

Fitkom Gummy adalah salah satu vitamin anak yang mempunyai komposisi yang dapat membantu pertumbuhan anak. Berikut merupakan analisis saya berupa point-point yang dapat menarik konsumen untuk membeli produk Fitkom Gummy, yaitu :

·    Fitkom Gummy memiliki kandungan komposisi sebagai berikut, yaitu Sirop glukosa, gula, sari buah-buahan (mangga, stroberi, jeruk, pisang, apel, pepaya) dan sari sayuran (brokoli, kubis, wortel, bayam, tomat), air, gelatin sapi, pemanis buatan sorbitol, pengatur keasaman (asam sitrat, asam laktat), minyak nabati, perisa (stroberi, jeruk, apel, blackcurrant), pewarna makanan : merah alura Cl 16035, kuning FCF Cl 15985, Tartrazin Cl 19140, Biru Berlian Cl 42090.
Dengan komposisi yang telah tertera diatas menjelaskan bahwa multivitamin ini tidak mengandung bahan-bahan komposisi yang berbahaya. Biasanya hal ini akan menarik banyak konsumen yang mencari multivitamin yang aman dan terpercaya.

·     Nutrisi yang terkandung dalam Fitkom Gummy, antara lain mengandung 6 ekstrak buah dan 5 ekstrak sayuran. Nutrisi tersebut merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh para ibu untuk multivitamin bagi anaknya.

·         Fitkom Gummy memiliki 4 varian, yaitu :
 ü  Fitkom Gummy Biasa : untuk menambah nafsu makan (rasa buah-buahan)
 ü  Fitkom Gummy Go : untuk anak aktif agar tak mudah sakit (rasa cokelat susu)
 ü  Fitkom Gummy Kalsium : untuk pertumbuhan tulang dan gigi (rasa buah-buahan)
 ü  Fitkom Gummy Fruit and Veggie : baik untuk pencernaan anak, dan sebagai pengganti buah dan sayur untuk anak yang tidak suka buah dan sayur.

4 Varian ini merupakan salah satu keunggulan dari produk Fitkom Gummy yang dapat diperkenalkan kepada konsumen untuk menarik banyak perhatian konsumen.

·         Semua varian Fitkom Gummy merupakan permen jelly yang diperkaya dengan prebiotik & multivitamin.

·     Untuk lebih menarik perhatian produk Fitkom Gummy membuat permen jelly dengan berbagai bentuk yaitu berbagai binatang hutan (dinosaurus, orang utan, singa) dan binatang laut (kepiting,bintang laut, ikan).

·        Multivitamin Fitkom Gummy diperuntukan untuk anak-anak usia 3 s/d 10 tahun.
Fitkom Gummy sangat baik untuk daya tahan tubuh anak usia 3 s/d 10 tahun, serta pertubuhan yag dialami anak.

·        1 box Fitkom Gummy berisi 5 sachet @ 3 gummy dijual dengan harga sekitar Rp. 15.900 - Rp. 21.000 (harga disesuaikan dengan varian).
Harga yang ditetapkan seimbang dengan kualitas yang dimiliki oleh produk Fitkom Gummy. Dengan harga mulai dari Rp. 15.900 - Rp. 21.000, konsumen akan mendapatkan kepuasan yang sesuai dengan harga produk. Harga yang diperkenalkan juga sangat sesuai dengan kantong konsumen.

·        Fitkom Gummy juga memberikan rasa nyaman untuk konsumen dalam segi konsumsi, yaitu dengan tidak memiliki efek samping untuk pengkonsumsian yang berlebih karena kadar gula dan mineral yang terkandung dalam multivitamin ini rendah kadar, serta tidak mengakibatkan ketergantungan.

·     Yang terakhir adalah Fitkom Gummy sangat mudah dicari, karena Fitkom Gummy dijual disemua toko obat didalam store maupun diluar store. Konsumen tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari produk ini.

Produk multivitamin anak Fitkom Gummy telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Setiap produk yang telah terkenal pasti memiliki produk pesaing, termasuk produk Fitkom Gummy ini juga pasti memiliki produk multivitamin anak yang menjadi produk pesaingnya. Salah satunya adalah Scott's Chewyvit C. Scott's Chewyvit C merupakan produk multivitamin anak yang juga telah dikenal baik oleh masyarakat Indonesia, berbentuk pemen jelly sama dengan produk Fitkom Gummy. Berikut beberapa penjelasan mengenai produk Scott's Chewyvit C :
·     Glukosa, sakrosa, air, dekstosa, gelatin (sapi), vitamin C, Jus Blackcurrant, pengatur keasaman (asam sitrat), Perisa Peach, Perasan Kulit Buah Anggur.
·        Kandungan vitamin C 30 mg per chewy candy. Kaya dengan vitamin C.
·        1 Box isi 20 permen lunak, dengan harga sekitar Rp. 14.500 - Rp. 18.000.
·    Produk ini juga merupakan multivitamin anak yang berbentuk permen jelly dengan banyak gula yang menempel di permen jelly tersebut, tidak memiliki banyak varian dan hanyak memiliki bentuk permen jelly yang sedikit.

Konsumen pasti akan memilih suatu produk yang akan membuat ia puas akan khasiat dari produk. Kepuasan konsumen dapat dikarenakan antara lain oleh beberapa hal, yaitu:
1.     Kualitas suatu produk yang sangat baik dengan harga yang seimbang,
2.     Produk memang suatu barang yang dicari,dibutuhkan, dan dinginkan oleh konsumen.
3.     Kenyamana yang dirasakan oleh konsumen terhadap barang.

Dalam pengambilan keputusan yang diambil oleh konsumen untuk membeli suatu produk diatas dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :
·      Pilihan merek ditentukan oleh kebutuhan konsumen, dan juga dipengaruhi oleh demografi konsumen, gaya hidup, dan karakteristik personalia.
·       Pengeruh lingkungan oleh budaya, kelas sosial, teman, anggota keluarga dan lain-lain.
·  Strategi pemasaran yang dilakukan produsen untuk mempengaruhi konsumen untuk membeli atau menggunakan produk yang dibuatnya.

Maka dapat disimpulkan bahwa suatu produk pasti akan memiliki pelanggan-pelanggannya tersendiri, karena tidak semua konsumen akan membeli semua produk yang bagus dan mahal, semua tergantung oleh faktor-faktor pengambilan keputusan diatas. Walaupun suatu produk itu memiliki banyak kekurangan dibandingkan produk lain tetapi pasti ia juga memiliki pelanggannya tersendiri dengan faktor kehidupan yang dialami pelanggannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar