Perilaku
Konsumen
merupakan proses dan aktivitas ketika seseorang
berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk
barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan
dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
Teori perilaku konsumen
merupakan
salah satu pembahasan penting dalam manajemen pemasaran.
Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika (American Marketing Association), perilaku konsumen dapat diartikan sebagai interaksi
dinamis antara afeksi dan kognisi, perilaku, dan lingkungan, yang mana manusia
melakukan pertukaran dalam berbagai aspek dalam kehidupan mereka.
Teori
perilaku konsumen ini sangat penting dalam bisnis karena dalam mencapai tujuan
pemasaran, sangatlah bergantung pada pengetahuan, pelayanan, dan pengaruh pada
konsumen. Dengan mengetahui teori ini, kita bisa lebih mudah dalam menetapkan
strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai target pemasaran kita.
Penjelasan tentang Teori Perilaku Konsumen
- Perilaku
konsumen adalah dinamis. Ini karena pemikiran, perasaan, daan tindakan
dari setiap individu konsumen, kelompok sasaran konsumen, dan masyarakat
secara keseluruhan, adalah selalu berubah.
- Perilaku
konsumen melibatkan interaksi. Hal ini melibatkan interaksi antara
pemikiran orang-orang, perasaan, tindakan, dan lingkungan.
- Perilaku
konsumen melibatkan pertukaran. Pertukaran ini terjadi pada sesama
manusia. Misalnya, seseorang menyerahkan suatu nilai (value) kepada orang lain,
dan menerima sesuatu sebaliknya.
Kesimpulan
Menurut pendapat saya perilaku
konsumen adalah sebuah perilaku seseorang ketika berhubungan dengan pencarian,
pemilihan serta pembelian untuk mengevaluasi produk dan jasa yang bertujuan
untuk memenuhi hasrat kebutuhan dan keinginan sebuah barang dan jasa yang
paling terbaik. Hal-hal ini juga yang mendasari konsumen untuk membuat suatu
keputusan pembelian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar