Sabtu, 20 Desember 2014

MANAJEMEN DATA TELEMATIKA

Manajemen data menurut DAMA (Demand Assigned Multiple Access) adalah pengembangan dan penerapan arsitektur, kebijakan, praktik, dan prosedur yang secara benar menangani siklus hidup lengkap data yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan. Maka dapat diartikan Manajemen data telematika merupakan prosedur yang menangani siklus hidup lengkap data yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan bantuan telematika.

Manajemen Data Telematika Sisi Client & Server
Manajemen Data Telematika Sisi Client adalah dimana pemrosesan dan pengolahan data terjadi pada sisi klien, dalam hal ini contohnya adalah user, dan nantinya data tersebut dapat dikirimkan ke server, atau disinkronisasikan dengan server. Contoh Manajemen Data Sisi Klien adalah Mobile DBMS (Embedded/Ultra tiny/Java Database) merupakan suatu DBMS yang terdapat pada peralatan bergerak (mobile device).
Sedangkan Manajemen Data Sisi Server adalah dimana pemrosesan dan pengolahan terjadi pada sisi server, baik data itu dikirim dari klien, maupun mengolah data yang telah ada diserver itu sendiri. Contoh Manajemen Data Sisi Server adalah MODBMS (Memindahkan Obyek DBMS) adalah sebuah DBMS yang menyimpan dan mengelola informasi lokasi serta dinamis lainnya informasi tentang obyek bergerak. 
Selain itu terdapat Manajemen Database System Perangkat Bergerak yaitu Komunikasi data bergerak, misalnya untuk akses internet. Pengenalan WAP (Wireless Application Protcol) telah menunjukan potensi sebagai layanan internet nirkabel atau WAP merupakan protocol global terbuka yang memungkinkan pengguna mengakses layanan online dari layar telepon genggam dengan menggunakan built-in browser.

Permasalahan dan Isu-isu pada Manajemen Data Telematika (Sisi Client & Server)
Penggunaan client server juga tentunya memiliki kelemahan. Berikut adalah kelemahan-kelemahan tersebut :
1.   Traffic congestion on the network, jika banyak client mengakses ke server secara simultan, maka server akan overload.
2.   Berbeda dengan P2P network, dimana bandwidthnya meningkat jika banyak client merequest. Karena bandwidth berasal dari semua komputer yang terkoneksi kepadanya.
3.   Pada client-server, ada kemungkinan server fail.
4.   Pada P2P networks, resources biasanya didistribusikan ke beberapa node sehingga masih ada node yang dapat meresponse request.

Manfaat dari Manajemen Data Telematika yang Baik
·      Mengatasi kerangkapan data
·      Menghindari terjadinya inkonsistensi data
·      Mengatasi kesulitan dalam akses data
·      Menyusun format standar sebuah data
·      Dapat digunakan oleh banyak pemakai
·      Melakukan perlindungan dan pengamanan data
·      Menyusun integritas dan independasi data

Sumber :
http://macansirkuit.blogspot.com/2012/11/manajemen-data-telematika.html
http://kurodiamond.blogspot.com/2010/12/manajemen-data-telematika-tujuan.html
http://anggipay.blogspot.com/2013/11/manajemen-data-telematika.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar