Layanan Telematika merupakan sebuah layanan teknologi
komunikasi jarak jauh yang menyampaikan informasi atau data secara satu arah,
maupun timbal balik dengan sistem digital. Beberapa layanan telematika yang
akan dibahas, antara lain:
1.
Layanan
Informasi
Layanan
informasi merupakan layanan yang ditujukan kepada masyarakat, dengan perkembangan
telematika yang semakin canggih membuat mudah dalam pencarian informasi yang
dibutuhkan masyarakat. Komunikasi jarak jauh yang dapat mentrasmisikan sejumlah
besar informasi dalam sekejap dan dapat menjangkau seluruh dunia, seakan-akan
dunia berada dalam genggaman tangan. Layanan informasi ini bertujuan untuk
meningkatkan kesejahteraan rakyat dan kualitas hidup masyarakat. Contoh dari
layanan informasi, antara lain :
·
GPS (Menghitung
jarak dan arah dari lokasi tempat kita berada)
·
Jasa Pelayanan
Internet (Warnet, Hotspot)
·
Informasi lalu
lintas terbaru
·
Laporan
informasi cuaca (weather)
2. Layanan Keamanan
Layanan Keamanan merupakan layanan yang
digunakan dalam peningkatan keamanan data atau informasi. Layanan keamanan
memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi
bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya. Layanan keamanan menjaga
agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Beberapa
layanan keamanan, antara lain enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses
control dan auditin. Contoh lainnya yaitu:
·
Penggunaan
Firewall dan Antivirus, untuk menjaga dari serangan virus.
3. Layanan Context-Aware dan Event-Base
Layanan
Context Aware dan Event-Based Context-awareness merupakan kemampuan layanan
network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang
relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan
layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat
digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user,
jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Dengan adanya context aware,
user tidak perlu selalu memberikan input yang secara eksplisit untuk membuat
komputer menjalankan tugas-tugasnya. Sebagai contoh :
·
Navigation
Navigasi
merupakan suatu proses untuk membaca dan mengendalikan pergerakan suatu
kendaraan atau benda dari satu tempat ke tempat lain..
·
Global
Navigation Satellite System atau GNSS
GNSS
merupakan sebuah istilah untuk sistem navigasi satelit yang menyediakan posisi
dengan lingkup yang global atau luas.
·
LBS
(Location-Based Service)
LBS
(location-based service) merupakan bagian yang lebih sederhana dalam context
awareness, pada saat user mencari keyword tertentu, maka ia akan mendapatkan
hasil yang berbeda tergantung pada posisi user.
4. Layanan
Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud
adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah
orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media,
dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di
lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada
umunya. Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan
untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan
tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan
meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan
komunikasi secara efektif dan optimal.
Sumber :
1.http://novatyas.blogspot.com/2012/12/layanan-telematika-teknologi-wireless.html
2.http://www.scribd.com/doc/42654932/Pengantar-Telematika-4ka04-Layanan-Telematika
3.http://kyfi.wordpress.com/2011/10/11/layanan-informasi-layanan-keamanan-layanan-context-aware-event-base-layanan-perbaikan-sumber-resource-discovery-service-pada-telematika/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar