Kamis, 13 November 2014

LAYANAN TELEMATIKA


Layanan Telematika merupakan sebuah layanan teknologi komunikasi jarak jauh yang menyampaikan informasi atau data secara satu arah, maupun timbal balik dengan sistem digital. Beberapa layanan telematika yang akan dibahas, antara lain:

1.      Layanan Informasi
Layanan informasi merupakan layanan yang ditujukan kepada masyarakat, dengan perkembangan telematika yang semakin canggih membuat mudah dalam pencarian informasi yang dibutuhkan masyarakat. Komunikasi jarak jauh yang dapat mentrasmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap dan dapat menjangkau seluruh dunia, seakan-akan dunia berada dalam genggaman tangan. Layanan informasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan kualitas hidup masyarakat. Contoh dari layanan informasi, antara lain :
·         GPS (Menghitung jarak dan arah dari lokasi tempat kita berada)
·         Jasa Pelayanan Internet (Warnet, Hotspot)
·         Informasi lalu lintas terbaru
·         Laporan informasi cuaca (weather)

2.   Layanan Keamanan
Layanan Keamanan merupakan layanan yang digunakan dalam peningkatan keamanan data atau informasi. Layanan keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya. Layanan keamanan menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Beberapa layanan keamanan, antara lain enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control dan auditin. Contoh lainnya yaitu:
·         Penggunaan Firewall dan Antivirus, untuk menjaga dari serangan virus.

3.   Layanan Context-Aware dan Event-Base
   Layanan Context Aware dan Event-Based Context-awareness merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Dengan adanya context aware, user tidak perlu selalu memberikan input yang secara eksplisit untuk membuat komputer menjalankan tugas-tugasnya. Sebagai contoh :
·         Navigation
Navigasi merupakan suatu proses untuk membaca dan mengendalikan pergerakan suatu kendaraan atau benda dari satu tempat ke tempat lain..
·         Global Navigation Satellite System atau GNSS
GNSS merupakan sebuah istilah untuk sistem navigasi satelit yang menyediakan posisi dengan lingkup yang global atau luas.
·         LBS (Location-Based Service)
LBS (location-based service) merupakan bagian yang lebih sederhana dalam context awareness, pada saat user mencari keyword tertentu, maka ia akan mendapatkan hasil yang berbeda tergantung pada posisi user.

 4.  Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.

Sumber :
1.http://novatyas.blogspot.com/2012/12/layanan-telematika-teknologi-wireless.html
2.http://www.scribd.com/doc/42654932/Pengantar-Telematika-4ka04-Layanan-Telematika
3.http://kyfi.wordpress.com/2011/10/11/layanan-informasi-layanan-keamanan-layanan-context-aware-event-base-layanan-perbaikan-sumber-resource-discovery-service-pada-telematika/






      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar